Beberapa Aplikasi Android Penunjang Hafalan Al-Qur'an

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarakatuh

Beberapa Aplikasi Android Penunjang Hafalan Al-Qur'an

Bismillahir-Rahmaanir-Rahim

Kaifa halukuma ikhwan fillah? 
Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah SWT.

Sudah lama blog ini tidak posting ya, dikarenakan kesibukan di dunia nyata nih, dari mulai UN SMA, lalu daftar untuk ke PTN, lalu merasakan sensasi jadi MaBa yang seru, dan kini hampir memasuki UAS semester 2, minta doanya ya semoga diberi kelancaran dan hasil yang terbaik di UAS semester 2 kali ini.

Oke, kita kembali ke topik ya. Kali ini saya akan memposting mengenai beberapa aplikasi android yang bisa membantu atau menunjang dalam hafalan Al-Qur'an. Mengapa sih kita perlu menghafal Al-Qur'an? salah satu alasan adalah karena para penghafal al-Qur'an adalah termasuk keluarga Allah. Jadi secara otomatis keluarga kita juga termasuk keluarga Allah. Aamiin..

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik dari Rasulullah saw ia berkata: 
"Sesungguhnya Allah memiliki 'keluarga' di antara manusia sekalian." Para sahabat bertanya: "Siapa mereka, wahai Rasulullah?" Beliau menjawab: "Mereka adalah ahlul qur'an dan orang-orang pilihan-Nya." (HR. Ibnu Majah)
Sebenarnya masih banyak keutamaan menghafalkan Al-Qur'an yang lainnya, tapi kita kali ini akan lebih membahas ke topik metode menghafalkan Al-Qur'an nya.

Setelah kita mengetahui keutamaan-keutamaan dari menghafal Al-Qur'an, marilah kita luruskan dulu niat kita, niatkan menghafal Al-Qur'an hanya untuk Allah SWT semata, bukan karena ingin riya' atau ujub atau yang lain. Lalu perlu diingat bahwa untuk bisa menghafal dengan baik, tentu dibutuhkan waktu dan proses yang panjang, kita harus tetap berusaha dan berdoa, jadi kuncinya adalah KEEP ISTIQOMAH!!!

Di era smartphone yang sedang gencar seperti ini, tentu banyak aplikasi android yang dapat kita gunakan untuk mempermudah menghafal Al-Qur'an, beberapa contoh aplikasi android hafalan Al-Qur'an seperti berikut :


1. Al Quran Indonesia


Aplikasi android hafalan Al-qur'an
Aplikasi ini adalah aplikasi android hafalan Al-Qur'an yang pertama, yakni Al Quran terjemahan Bahasa Indonesia dengan audio mp3 murottal full, 114 surah atau 30 juz tanpa pembatasan. Dan tampilan antar muka yang user friendly tentunya.

Fitur-fitur:
- Design yang menarik, menggeser layar untuk ke surah berikutnya dan sebaliknya ketika membaca Al Quran
- Baca Al Quran bisa dengan mode layar lanscape atau portait
- Surah Index (daftar Surah)
- Juz Index (daftar Juz)
- Rasm / penulisan (IndoPak dan Utsmani style)
- Tulisan latin (Transliterasi)
- Terjemahan Bahasa Indonesia, pilihan terjemahan (KemenAg-RI dan Tafsir Al Jalalain Indonesia)
- Bookmark ayat-ayat
- Penanda bacaan terkahir
- Salin (copy) ayat-ayat
- Bagikan (share) ayat-ayat
- Melihat kata per kata terjemahan berdasarkan dari Arabic-nya ke Bahasa Indonesia
- Audio mp3 murottal 30 juz (Pilihan qori ada 7, diantaranya: Syaikh Hani Ar Rifai, Syaikh Mishary Rashid, Syaikh Fares Abbad, Syaikh Mahmud Khalil Al Husary, Syaikh Maher Al Muaiqly, Syaikh Saad Al-Ghamdi dan Syaikh Muhammad Jebril)
- Audio control (play, pause, stop, next, prev, repeat)
- Audio manager (untuk mendownload atau menghapus file audio murottal multi pilih)
- Pencarian ayat-ayat berdasarkan kata kunci di terjemahan
Penulis merekomendasikan aplikasi ini karena selain tampilanya yang menarik, juga ada fitur terjemahan per kata, jadi bisa memudahkan saat proses menghafal Al-Qur'an.
2. Jet Audio Plus

aplikasi android hafalan Al-Qur'anAplikasi ini adalah aplikasi android hafalan Al-Qur'an yang kedua, yakni pemutar musik yang memiliki fitur untuk mempermudah hafalan Al-Qur'an, fitur tersebut adalah Adjust Speed, jadi kita bisa mengatur kecepatan musik murottal kita hingga 100%, aplikasi ini berguna banget kalau kita lagi menghafal dan muroja'ah (mengingat kembali) hafalan kita, jadi intinya aplikasi ini bisa mempercepat tempo musik.

DOWNLOAD DISINI









3. Audio Video Trimmer


Aplikasi android hafalan Al-qur'an
Aplikasi ini adalah aplikasi android hafalan Al-Qur'an yang ketiga, dimana fungsinya adalah untuk memotong lagu/audio, jadi kita bisa memotong-motong audio murottal kita agar lebih mudah dihafal, seperti misal kita memotong murottal mp3 tiap 5 ayat, atau tiap 10 ayat, itu terserah kalian, kalau saya biasanya tiap 5 ayat karena tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang. 

Lalu setelah di save, hasilnya masuk di folder sdcard > VideoAudioTrimmer > mp3cutter > Trimmed. Nah, sobat bisa copy kan hasil potongan tadi ke folder lain sesuka kalian. 

DOWNLOAD DISINI







4. Nice Simple Photo Widget


aplikasi android hafalan Al-Qur'an
Inilah aplikasi android untuk Hafalan Al-Qur'an yang terakhir, jadi app ini adalah widget yang bisa menampilkan gambar/photo di halaman utama launcher android kita. 

Nah, kan tadi kita sudah memotong tuh murottal mp3 nya menjadi beberapa potongan ayat, misal kalau saya tiap 5 ayat, nah kita tampilkan deh 5 ayat tadi itu di halaman awal launcher android kita. 

DOWNLOAD DISINI








KESIMPULAN
  1. Kita buka dulu software Al Quran Indonesia, lalu kita cari surah mana yang akan kita hafalkan (misal surah Al-Mulk ayat 1-5), lalu kalau sudah screenshoot tampilan di ayat Al-Qur'an surah Al-Mulk ayat 1-5 tadi.
  2. Buat widget di halaman utama launcher kita dengan aplikasi Nice Simple Photo Widget tadi, lalu tampilkan foto screenshoot surah Al-Mulk ayat 1-5 tadi, (kalian bisa crop sendiri agar bisa pas di ayat 1-5) 
  3. Memotong audio murottal menggunakan aplikasi Video Audio Trimmer, memotongnya harus sama dengan surah yang mau dihafalkan dan yang sudah ditampilkan di halaman utama launcher kita, yakni surah Al-Mulk ayat 1-5.
  4. Dengarkan murottal yang sudah dipotong tadi berulang-ulang sembari melihat bacaan Al-Qur'an yang sudah ditampilkan di halaman awal launcher kita.
Insya Allah apabila kalian memiliki niat yang tulus dan ikhlas, yakni niat semata-mata untuk mencari ridho Allah, maka Allah akan memudahkan kalian dalam menghafalkan Al-Qur'an. 
Semoga kita semua termasuk bagian dari orang-orang yang selalu istiqomah dalam menghafalkan Al-Qur'an, dan semoga kita semua bisa bersama-sama masuk ke Syurganya Allah.
Aamiin aamiin Ya Robbal 'aalamiin...

Sekian postingan dari saya mengenai aplikasi android Hafalan Al-Qur'an, semoga bermanfaat untuk kita semua, bantu di share ya.. 
Syukron katsir. :)

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarakatuh

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Beberapa Aplikasi Android Penunjang Hafalan Al-Qur'an"

  1. Manusia memiliki kemampuan mengembangkan otaknya menyerupai super komputer hingga mampu menghafal dan memahami ribuan ilmu pengetahuan dalam waktu singkat dengan metode yang efektif dan ilmiah.
    Latih dan kembangkan otak anda dengan bergabung di www.bakatsuper.com

    BalasHapus